Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Archive for March, 2009

Psikologi Kepribadian Teori Badaniyah

Posted by Dek Rizky On March - 31 - 2009

Teori Badaniyah yang mempopulerkan adalah hipokrates dimana kepribadian dibagi menjadi tanah, air, udara, api, dan panas. Kepribadian yang dilambangkan dengan tanah bersifat kering berpusat pada chol ( empedu kuning ). Kepribadian yang dilambangkan dengan air bersifat basah berpusat pada melanchole ( empedu hitam ). Kepribadian dilambangkan dengan udara bersifat dingin berpusat pada phlegmer ( lendir ). Sedangkan kepribadian yang dilambangkan dengan api bersifat panas berpusat pada sanguinis ( darah ).

Apabila proporsi selaras dalam tubuh maka akan sehat atau normal. Galinus mengatakan apabila kelebihan proporsi maka orang tersebut akan temperamental.

Menurut tipologi Hipokrates apabila yang dominan itu yang kering maka orang tersebut digolongkan cholerus yang memiliki ciri – ciri optimis dan daya juang yang besar. Apabila yang dominan itu yang basah, maka orang tersebut digolongkan orang melancholis yang memiliki ciri ciri pesimis dan berdaya juang kecil. Apabila dominan dingin maka orang tersebut phlegmatis dan mempunyai sifat kalem dan tenang, lain halnya yang dominan panas, orang sanguitis memiliki sifat yang berubah – ubah.

Ahli dari Italia mengemukakan teori konstitusi tentang penyelidikan variasi tubuh atau sering disebut mashab Italia. Tokohnya yaitu De Giovani dan Viola yang merumuskan hukum de formasi. Yang isinya tentang penggolongan variasi tubuh menjadi tiga yaitu togog kecil, togog besar dan togog normal. Togog artinya bentuk keseluruhan tubuh. Togog kecil memiliki tubuh yang panjang, togog besar memiliki tubuh yang pendek, sedangkan normal memiliki proporsi yang normal.

Ditinjau dari perkembangan kejiwaannya menghasilkan teori temperament. Read the rest of this entry »

Pengantar Psikologi Kepribadian

Posted by Dek Rizky On March - 28 - 2009

Psikologi Kepribadian adalah Ilmu yang mempelajari kepribadian yang tidak ditinjau dari ilmu pengetahuan yang lain melainkan hal – hal psikologis.

Perbedaan antara kepribadian dan watak. Kepribadian itu memberikan penilaian, menggambarkan apa adanya. Watak memberikan penilaian diliat dari norma – norma.

Golongan Psikologi Kepribadian Read the rest of this entry »

Pengertian Psikologi Pendidikan

Posted by Dek Rizky On March - 27 - 2009

Psikologi Pendidikan adalah Satu cabang dari ilmu jiwa yang menyoroti atau mempelajari tentang aspek – aspek pendidikan.

Menurut ensiklopedia amerika, Psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan. Read the rest of this entry »

Behaviorisme Dipandang Dari Segi Psikologi Islam

Posted by Dek Rizky On March - 25 - 2009

A.Pengertian Behaviorisme

Aliran psikologi yang menekankan pada tingkah laku / perilaku manusia ( individu ) sebagai makhluk reaktif yang memberikan respon terhadap lingkungandi sekitarnya. Pengalaman dan pemeliharaan akan membentuk perilaku orang tersebut.

B.Tokoh – Tokoh Beserta Teorinya

1.Edward Lee Thorndike ( S – R Bond / Connectionism ) Read the rest of this entry »

Masa Pranatal

Posted by Dek Rizky On March - 25 - 2009

Masa Pranatal

Ada baiknya anda memahami masa perkembangan tidak hanya saat setelah lahir, namun penting juga mengerti bahwa ada masa perkembangan pranatal. Masa Pranatal adalah masa pra lahir. Masa perkembangan pranatal yang terjadi pada 2 minggu pertama pembuahan. Dimulai dari pembentukan zigot, zigot berjalan dari tuba valopi ke uterus, terjadi pembelahan dan zigot terbagi menjadi lapisan luar dan lapisan dalam. Lapisan luar berkembang menjadi placenta atau ari – ari, tali pusar dan selaput pembungkus janin. Lapisan dalam berkembang menjadi manusia baru. Lapisan dalam sel yang akan berkembang menjadi embrio dinamakan dengan Blastoscyst. Sedangkan lapisan luar yang akan menjadi asupan gizi bagi embrio dinamakan Trophpblast. Implantation adalah pelekatan zigot ke dinding rahim, kira – kira setelah pembuahan. Periode ini dinamakan Periode Geminal. Read the rest of this entry »

Mungkin yang anda maksud ini :