Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Lazada Indonesia

Archive for July, 2009

Beberapa bentuk khusus isi ketidaksadaran

Posted by Dek Rizky On July - 12 - 2009

Beberapa bentuk khusus isi ketidaksadaran:

  • bayang bayang
  • Proyeksi : Imago
  • Animus dan anima

Bayang bayang adalah segi lain atau bagian gelap daripada kepribadian, kekurangan yang tak disadari. bayang bayang ini terbentuk dari fungsi inferior serta sikap jiwa yang inferior, yang karena pertimbangan pertimbangan moral atau pertimbangan pertimbangan lain dimasukkan kedalam ketidaksadaran, karena tidak serasi dengan kehidupan alam sadarnya.

Proyeksi : Imago diartikan dengan secara tidak sadar menempatkan isi isi batin sendiri pada objek objek diluar dirinya. Bayang bayang itu adalah sifat sifat atau kualitas kualitasnya ketidaksadaran sendiri yang dihadapi sebagai sifat sifat atau kualitas kualitas orang lain. Peristiwa ini terjadi secara mekanis tidak disadari. Jung menamakan isi kejiwaan yang diproyeksikan kepada orang lain itu imago.

Animus dan anima. Imago yang terpenting pada orang dewasa adalah animus bagi orang perempuan dan anima pada orang laki laki, yaitu sifat sifat atau kualitas kualitas jenis kelamin lain yang ada dalam  ketidaksadaran manusia.

Mungkin yang anda maksud ini :

Struktur ketidaksadaran

Posted by Dek Rizky On July - 12 - 2009

ketidaksadaran mempunyai 2 lingkaran : ketidaksadaran pribadi dan ketidaksadaran kolektif. Ketidaksadaran pribadi meliputi ingatan, hal hal yang tertekan. dan ketidaksadaran kolektif meliputi emosi emosi dan invasi invasi. Manifestasi ketidak sadaran itu dapat berbentuk sympton dan kompleks, mimpi dan archetypus.

Sympton dan kompleks merupakan gejala gejala masih dapat disadari. Sympton adalah gejala dorongan daripada jalannya energi yang normal, yang dapat berbentuk sympton kejasmanian maupun kejiwaan.Sympton adalah tanda bahaya, yang memberitahu bahwa ada sesuatu dalam kesadaran yang kurang dan karenanya perlu perluasan ke alam tak sadar, contohnya kegiatan tubuh yang tak terkontrol. Kompleks kompleks adalah bagian kejiwaan kepribadian yang telah terpecah  dan lepas dari penilikan ( kontrol ) kesadaran dan kemudian mempunyai kehidupan sendiri dalam kegelapan alam ketidaksadaran, yang selalu dapat menghambat atau memajukan prestasi prestasi kesadaran.

Mimpi, fantasi dan khayalan adalah manifestasi ketidaksadaran kolektif. Archetypus adalah pendapat instinktif dan reaksi instinktif terhadap situasi tertentu, yang terjadi diluar kesadaran.

Tipologi Jung

Posted by Dek Rizky On July - 12 - 2009

Sikap jiwa :

  • Ekstravers yang memiliki fungsi jiwa :
    Pikiran bertipe  pemikir ekstravers dan ketidak sadarannya adalah perasa introvers
    Perasaan bertipe perasa ekstravers dan ketidaksadarannya adalah pemikir introvers
    Pendriaan bertipe pendria ekstravers dan ketidaksadarannya adalah intuitif introvers
    Intuisi bertipe intuitif ekstravers dan ketidaksadarannya adalah pendria introvers
  • Introvers yang memiliki fungsi jiwa :
    Pikiran bertipe  pemikir introvers dan ketidak sadarannya adalah perasa ekstravers
    Perasaan bertipe perasa introvers dan ketidaksadarannya adalah pemikir ekstravers
    Pendriaan bertipe pendria introvers dan ketidaksadarannya adalah intuitif ekstravers
    Intuisi bertipe intuitif introvers dan ketidaksadarannya adalah pendria ekstravers

Persona : kehidupan alam sadar yang sebenarnya, tetapi masih ada satu soal lagi, yaitu bagaimana orang itu dengan sadar menampakkan diri ke luar, karena cara individu dengan sadar menampakkan diri ke luar itu belum tentu kalau sesuai dengan keadaan dirinya yang sebenarnya, dengan individualitasnya

Psikologi analitis

Posted by Dek Rizky On July - 12 - 2009

Struktur psyche atau kepribadian :

  • Alam sadar ( kesadaran ) :  penyesuaian terhadap dunia luar
  • Alam tak sadar ( ketidaksadaran ) : penyesuaian terhadap dunia dalam

Struktur kesadaran :

  • Fungsi jiwa : suatu bentuk aktivitas kejiwaan yang secara teori tiada berubah dalam lingkungan yang berbeda beda.
    Jung membedakan empat fungsi pokok, yang dua rasional yaitu pikiran dan perasaan dan yang dua lagi irrasional yaitu pendriaan dan intuisi. Cara bekerja pikiran dengan menilai benar/salah, cara bekerja perasaan dengan menilai senang/tak senang, sedangkan pendriaan tanpa penilaian : sadar/indriah, sedangkan intuisi : tak sadar / naluriah.
    Pada dasarnya tipe manusia memiliki keempat fungsi tersebut, akan tetapi biasanya hanya salah satu fungsi saja yang paling berkembang ( dominan ).fungsi yang paling berkembang adalah fungsi paling superior dan menentukan tipe orangnya, so ada tipe pemikir, perasa, pendria, dan tipe intuitif.
  • Sikap Jiwa : arah daripada energi psikis umum atau libido yang menjelma dalam bentuk orientasi manusia terhadap dunianya. Berdasarkan sikap jiwanya manusia dapat digolongkan menjadi dua tipe, yaitu : ekstravers dan introvers

fase fase perkembangan

Posted by Dek Rizky On July - 12 - 2009

fase perkembangan yang dikemukakan oleh freud :

  • fase oral ( 0 – 1 ). pada fase ini mulut merupakan daerah pokok aktivitas dinamis. sumber kenikmatan yang pokok diasalkan dari mulut adalah makan.
  • fase anal ( 0 – 3 ). Pada fase ini cathexis dan anti carthexis berpusat pada fungsi eliminatif ( pembuangan kotoran ). Pengeluaran faeces menghilangkan sumber sumber ketidak senangan dan menghasilkan rasa lega. Ketika pembiasan akan kebersihan ( toilet training ) dimulai – pada tahun kedua – anak mendapat pengalaman pertama tentang pengaturan impuls impuls dari luar. Dia harus menunda kenikmatan yang timbul dari defekasi. Pengaruh yang diterima oleh anak dalam pembiasan akan kebersihan ini dapat mempunyai pengaruh yang jauh pada sifat sifat kepribadian kemudian : apabila ibu bersikap keras dan menekan, anak mungkin menahan faecesnya sehingga anak mempunyai sifat kurang bebas. Apabila ibu bersikap membimbing dengan kasih sayang dan memuji anak defekasi, maka anak menjadi dasar kreativitas dan produktivitas. Read the rest of this entry »