Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Lazada Indonesia

Struktur ketidaksadaran

Posted by Dek Rizky On July - 12 - 2009

ketidaksadaran mempunyai 2 lingkaran : ketidaksadaran pribadi dan ketidaksadaran kolektif. Ketidaksadaran pribadi meliputi ingatan, hal hal yang tertekan. dan ketidaksadaran kolektif meliputi emosi emosi dan invasi invasi. Manifestasi ketidak sadaran itu dapat berbentuk sympton dan kompleks, mimpi dan archetypus.

Sympton dan kompleks merupakan gejala gejala masih dapat disadari. Sympton adalah gejala dorongan daripada jalannya energi yang normal, yang dapat berbentuk sympton kejasmanian maupun kejiwaan.Sympton adalah tanda bahaya, yang memberitahu bahwa ada sesuatu dalam kesadaran yang kurang dan karenanya perlu perluasan ke alam tak sadar, contohnya kegiatan tubuh yang tak terkontrol. Kompleks kompleks adalah bagian kejiwaan kepribadian yang telah terpecah  dan lepas dari penilikan ( kontrol ) kesadaran dan kemudian mempunyai kehidupan sendiri dalam kegelapan alam ketidaksadaran, yang selalu dapat menghambat atau memajukan prestasi prestasi kesadaran.

Mimpi, fantasi dan khayalan adalah manifestasi ketidaksadaran kolektif. Archetypus adalah pendapat instinktif dan reaksi instinktif terhadap situasi tertentu, yang terjadi diluar kesadaran.

Add A Comment