Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Lazada Indonesia

Defnisi kepribadian ( murray )

Posted by Dek Rizky On October - 28 - 2009

Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (19)


Komponen definisi kepribadian murray, sbb :

  • Kepribadian adalah abstraksi yang dirumuskan teoritikus ( ahli teori ) dan bukan gambaran tingkah laku individu.
  • Kepribadian individu adalah rangkaian peristiwa yang secara ideal mencakup rentang hidup sang individu. Sejarah kepribadian yaitu : kepribadian itu sendiri
  • Definisi kepribadian harus mencerminkan unsur unsur tingkah laku yang tepat dan berulang, maupun unsur unsur yang baru dan unik
  • Kepribadian adalah fungsi yang menata dan mengarahkan dalam diri individu yang punya tujuan :
    mengintegrasikan konflik konflik dan rintangan rintangan yang dihadapi, memuaskan kebutuhan kebutuhan individu dan menyusun rencana rencana untuk mencapai tujuan dimasa datang.
  • Kepribadian terletak di otak, tanpa otak tidak ada kepribadian

Cara murray merumuskan kepribadian, menunjukkan bahwa dia sangat berorientasi pada pandangan yang memberi bobot memadai pada sejarah organisme termasuk : fungsi kepribadian yang bersifat mengatur, ciri kepribadian yang berulang dan baru pada tingkah laku individu untuk proses proses fisiologis yang mendasari proses psikologis.

Murray mengemukakan L Proceding and serial. Dalam hal ini data pokok psikolog adalah proceding. Proceding adalah interaksi antara subjek dengan objek  / subjek dengan subjek dalam jangka waktu cukup lama yang mencakup unsur unsur penting dalam suatu tingkah laku tertentu. Menurut Murray tingkah laku tidak mungkin terlepas dari dimensi waktu . Proceding meerupakan kompromi antara keterbatasan sesesorang bertingkah laku didalam dimensi waktu.

Proceding dapat digolongkan menurut sifatnya :

  • Internal contoh melamun, memecahkan masalah
    Punya dua aspek yaitu aspek pengalaman subjektif dan tingkah laku objektif. Dalam keadaan tertentu tingkah laku yang berlangsung lama, dalam satu kesatuan yang merupakan proceding yang terputus putus tapi terorganisasi secara terarah bisa disebut serial. Program serial : pengaturan secara teratur atas sub sub tujuan bg rentan menuju masa depan ialah bila berlangsung dengan baik maka akan dicapai keadaan yang diinginkan. contoh : jika ingin jadi doktor, maka orang akan menjalankan sub sub tujuan tersebut yang akan mendekatkan pada tujuan pada tititel doktor. >> masuk kul dokter. Jadwal : sarana untuk mereduksi konflik antara kenutuhan dan objek tujuan yang saling bersaing dengan cara mengatur kecenderungan kecenderungan. Semakin mampu orang menyusun jadwal secara efisien maka akan dapat mengurangi kuantitas maupun intensitas konflik konfliknya. Proses membuat perencanaan maupun hasil proses tersebut disebut ordinasi. Ordinasi menurut murray merupakan proses jiwa yang setingkat dengan kognisi. ( ordinasi : pemahaman seseorang terhadap suatu hal ).
  • eksternal contoh berinteraksi dengan orang/ objek dalam suatu lingkungan

Add A Comment