Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Lazada Indonesia

Efek kematangan seksual pada puber

Posted by Dek Rizky On January - 1 - 2010

Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (26)


efek kematangan seksual pada puber

Tertarik pada lawan jenis dan berusaha mencari perhatian/menjadi pusat perhatian lawan jenis, merindu puja dari orang lain, menurut Hurlock masa puber disebut sebagai masa perubahan dari makhluk aseksual menjadi makhluk seksual.

Dimensi psikologis masa puber

  • Citra tubuh. Individu sangat memperhatikan tubuh mereka dan membangun citra tubuhnya sendiri. Individu lebih sering merasa tidak puas dengan tubuhnya, dan bila dibandingkan antar jenis kelamin, maka perempuan lebih sering merasa tidak puas dengan tubuhnya dibanding laki laki.
  • Menstruasi pertama ( menarche ) dan daur menstruasi. Menarche merupakan peristiwa penting dalam sejarah kehidupan remaja puteri, yang menimbulkan berbagai reaksi, antara lain : 1. Cukup tenang, meski ada yang sedikit terkejut, khawatir, gembira, menganggap sebagai awal kedewasaan, mampu memiliki anak -> positif. 2. Merepotkan, kotor / tidak nyaman, tingkah lakku terhambat, perubahan emosi -> negatif
  • Kedewasaan yang lebih cepat dan yang lebih lambat

Ciri ciri seks sekunder

Pada perempuan : membesarnya pinggul, payudara dan menghalusnya kulit tubuh. Pada laki laki : perubahan suara, tumbuhnya kumis, tumbuhnya rambut pubis, membidangnya dada

Ciri ciri seks primer yaitu : organ organ tubuh yang berhubunbgan langsung dengan proses reproduksi

Pada perempuan : rahim, tempat zygote menempel. tuba falopi, tempat pembuahan / konsepsi terjadi. Gonad , tempat berkembangnyaovum. Klitoris, suatu organ kecil didalam vagina yang sangat mudah terstimulasi. Vagina, pintu masuk saat penetrasi.

Ciri ciri seks primer pada laki laki : testes/gonad, terletak didalam scrotum, merupakan hormon yang mempengaruhi perkembangan organ organ seks individu. Scrotum tempat sperma di produksi, penis
[ad#kliksaya]
Kedewasaan lebih cepat, lebih lambat, dan tepat waktu.

Dewasa lebih cepat : Persepsi positif, hubungan dengan peer group lebih baik daripada yang lambat dewasa. Lebih fokus pada kelebihan status fisik daripada perkembangan karier dan prestasi.

Lambat Dewasa : Di usia 30 tahun, mereka memeilki identitas lebih kuat daripada yang cepat dewasa. Memiliki waktu lebih banyak untuk mengeksplorasi pilihan pilihan hidup.

Add A Comment