Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Lazada Indonesia

jenis hambatan perkembangan

Posted by Dek Rizky On June - 29 - 2009

Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (6)


Jenis hambatan perkembangan

  • Hambatan emosional ( emotional problems )
  • Hambatan intelektual ( Intelectual problems )
  • Hambatan sosial ( social problems )
  • Hambatan perilaku ( behavior problems )

Hambatan emosional : suatu hambatan perilaku yang disebabkan oleh kondisi emosi yang tidak menyenangkan, karena emosi anak tidak berkembanng secara adekuat sesuai usia kronologisnya. Dengan kata lain semua bentuk manifes perilaku anak, yang disebabkan oleh adanya masalah pada emosinya.

Gejala hambatan emosional : gagap, encopresis ( kebiasaan BAB di celana ), enuresis ( mengompol ), mengisap jari, masalah prestasi belajar ( under achievement ), phobia, agresivitas, social isolation.

Hambatan intelektual : Suatu hambatan perilaku yang disebabkan oleh adanya gangguan pada potensi intelektual-nya, sehingga anak mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Kelompok gangguan intelektual

memiliki IQ < 70 ( skala wechsler / binet ) : debil, embisil, idiot ( mentally retarded, down syndrome )

Border line ( slow learner / lamban belajar ) : anak anak yang mengalami masalah bahasa, baik bahasa verbal maupun bahasa tulis. Bila seseorang anak bermasalah dengan bahasa, maka ia juga akan mengalami kesulitan untuk memahami konsep, sulit mencerna informasi, dan sulit mencerna informasi, dan sulit mengutarakan pemikiran – pemikirannya.

Faktor penyebab borderline :

  • faktor biologis : seperti kerusakan otak atau organ organ lainnya.
  • Faktor genetic : baik dari pihak ibu dan ayah
  • faktor lingkungan : seperti kurang gizi, salah asuh dan atau salah didik

Gejala borderline : nilai dari sebagian besar atau bahkan seluruh mata pelajaran rendah, sering tidak naik kelas bila bersekolah di sekolah umum, sulit menangkap pelajaran, mudah putus asa dan tidak mau berusaha, emosi labil dan impulsive, kadang hiperaktif dan sulit konsentrasi ( attention defisit hyperactivity disorder / ADHD )

Add A Comment