Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Lazada Indonesia

kecemasan atau ketakutan

Posted by Dek Rizky On June - 25 - 2009

Kecemasan atau ketakutan

Dinamika kepribadian untuk sebagian besar dikuasai oleh keharusan untuk memuaskan kebutuhan dengan cara berhubungan dengan objek – objek dunia luar.

Freud mengemukakan adanya tiga macam kecemasan, yaitu :

  • kecemasan realtistis
  • Kecmasan neurotis
  • Kecemasan moral atau perasaan berdosa

Kecemasan realistis : Takut akan baaya di dunia luar

Kecemasan neurotis : kecemasan kalau kalau instink instink tidak dapat dikendalikan dan menyebatkan orang berbuat sesuatu yang dapat dihukum. Kecemasan ini sebenarnya mempunyai dasar di dalam realitas, karena dunia sebagaimana diwakili oleh orang tua dan lain – lain orang yang memgang kekuasaan itu menghukum anak yang melakukan tindakan impulsif.

Kecemasan moral dalah kecemasan kata hati : Orang yang das ueber ichnya berkembang baik cenderung untuk merasa dosa apabila dia melakukan atau bahkan berpikir untuk melakukan sesuatu yang sangat bertentangan dengan norma norma moral.

Funsi kecemasan ialah untuk memperingatkan orang akan datangnya bahaya; sebagai isyarat bagi das ich, bahwa apabila tidak dilakukan tindakan – tindakan yang tepat bahaya itu akan meningkat sampai das ich dikalahkan. Kecemasan adalah juga pendorong sepert halnya lapar dan seks; bedanya kalau lapar dan seks itu adalah keadaan dari dalam, maka kecemasan itu asalnya dari luar.

Add A Comment