Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Lazada Indonesia

Pendekatan dalam Psikologi sosial

Posted by Dek Rizky On April - 14 - 2009

Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (15)


Pendekatan dalam Psikologi Sosial

memahami perilaku. Menurut Saymour Epstain

  • Model Pendekatan disposisi kepribadian ( traits personality approach ). Pendekatan ini biasa dianut dan dikembangkan oleh penganut behaviorisme dan conceptualisme. Mereka berasumsi yang menjadi penyebab perilaku sosial dikarenakan sifat – sifat kepribadian yang melekat pada diri individu dan seperti sudah built in dalam diri anda. Ini bersifat permanen dan resisten. Kesimpulannya menjelaskan penyebab dari perilaku sosial dikarenakan faktor – faktor sifat kepribadian yang sifatnyabawaan bersifat permanen sehingga membentuk karakter.
  • Model pendekatan situasi lingkungan ( Situational Enviroment Approach ). Pendekatan ini bisanya dianut dan dikembangkan oleh Empirisme dan Humanisme. Perilaku berubah dari satu situasi ke situasi yang lain. Kesimpulannya situasi mendominasi pengaruh perilaku sosial
  • Model Pendekatan Interaksi ( Interaction Approach ). Pendekatan ini adalah konvergen antara model pendekatan disposisi kepribadian dan situasi lingkungan. Dan memberikan win win solutions. Bawaan dan situasi saling berinteraksi sehingga membentuk kontribusi pengaruh perilaku sosial. Dan yang mendominasi tergantung intensitas antara keduannya.

Add A Comment