Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

perkembangan kepribadian

Posted by Dek Rizky On June - 29 - 2009

Perkembangn kepribadian

Personality dari kata latin persona = topeng -> bagaiman seseorang tampak dari sudut pandang orang lain, jadi bukan “diri” yang sebenarnya

Definisi personality menurut allport : kepribadian adalah susunan sistem psikofisik yang dinamis dalam diri individu, yang akan menentukan penyesuaian individu yang unik terhadap lingkungan. Susunan : bahwa kepribadian dibangun dari ciri ciri yang saling berkaitan. Dinamis menunjukkan adanya perubahan kualitas dalam kepribadian dan sistem psikofisik terdiri dari kebiasaan ( habits ), sikap ( attitude ), nilai ( value ) keyakinan ( believe in ) , emosi ( emotion ), perasaan ( feel ) dan motif yang bersifat psikologis, tetapi mempunyai dasar fisik secara umum. Ketiganya merupakan kekuatan motivasi yang akan menentukan jenis penyesuaian yang akan dilakukan anak ( bersifat unik )

Komponen pola kepribadian

Konsep diri : Evaluasi mengenai dirinya sendir yang ditentukan oleh bagaimana reaksi orang lain terhadapnya.

Sifat : Yaitu kualitas perilaku atau pola penyesuaian spesifik, misalnya : reaksi terhadap frustasi, cara menghadapi masalah, perilaku agresif dan defensive serta perilaku terbuka / tertutup di depan orang lain.

Mungkin yang anda maksud ini :

Loading...

Add A Comment