Kuliah Dek Rizky Psikologi

Ilmu pengetahuan tentang psikologi

Lazada Indonesia

Psikologi Kepribadian Teori Badaniyah

Posted by Dek Rizky On March - 31 - 2009

Error. Page cannot be displayed. Please contact your service provider for more details. (1)


Teori Badaniyah yang mempopulerkan adalah hipokrates dimana kepribadian dibagi menjadi tanah, air, udara, api, dan panas. Kepribadian yang dilambangkan dengan tanah bersifat kering berpusat pada chol ( empedu kuning ). Kepribadian yang dilambangkan dengan air bersifat basah berpusat pada melanchole ( empedu hitam ). Kepribadian dilambangkan dengan udara bersifat dingin berpusat pada phlegmer ( lendir ). Sedangkan kepribadian yang dilambangkan dengan api bersifat panas berpusat pada sanguinis ( darah ).

Apabila proporsi selaras dalam tubuh maka akan sehat atau normal. Galinus mengatakan apabila kelebihan proporsi maka orang tersebut akan temperamental.

Menurut tipologi Hipokrates apabila yang dominan itu yang kering maka orang tersebut digolongkan cholerus yang memiliki ciri – ciri optimis dan daya juang yang besar. Apabila yang dominan itu yang basah, maka orang tersebut digolongkan orang melancholis yang memiliki ciri ciri pesimis dan berdaya juang kecil. Apabila dominan dingin maka orang tersebut phlegmatis dan mempunyai sifat kalem dan tenang, lain halnya yang dominan panas, orang sanguitis memiliki sifat yang berubah – ubah.

Ahli dari Italia mengemukakan teori konstitusi tentang penyelidikan variasi tubuh atau sering disebut mashab Italia. Tokohnya yaitu De Giovani dan Viola yang merumuskan hukum de formasi. Yang isinya tentang penggolongan variasi tubuh menjadi tiga yaitu togog kecil, togog besar dan togog normal. Togog artinya bentuk keseluruhan tubuh. Togog kecil memiliki tubuh yang panjang, togog besar memiliki tubuh yang pendek, sedangkan normal memiliki proporsi yang normal.

Ditinjau dari perkembangan kejiwaannya menghasilkan teori temperament.

Ditinjau dari bentuk tubuh ada tiga macam bentuk, yaitu : Microsphlanchis, Macrosphlanchis, dan Normosphlanchis. Microsphlanchis memiliki ukuran mendatar yang kebih panjang. Sedangkan Macrosphlancis memiliki ukuran mendatar yang lebih pendek. Dan yang normosphlanchis memiliki ukuran mendatar yang selaras. Ahli yang bernama Rava mengatakan penderita neurasthemia ( penyakit saraf ) dan psikasthemia ( misalkan : penyakit yang lebih cepat capek ) sering terjadi pada golongan microsphlanchis. Sedangkan penderita manisdepresi ( misalkan : orang yang berlebihan ) diderita pada golongan macrosphlanchis.

Ahli Perancis memiliki Mashab Perancis yang ditemukan oleh Sigaud yang berisi tentang dasar dominasinya fisik ( pertumbuhan ). Ada 4 penyimpangan fungsi dasar yang dipengaruhi oleh sekitarnya. Yaitu sekitar udara , makanan, keadaan alam, dan keadaan sosial. Tipologi mashab Perancis mengatakan apabila dominan sekitar pernapasan memiliki tipe respiratoris. Dominan Makanan disebut degestif, dominan keadaan alam ( motoriknya ) menjadikan orang tersebut tipe muskuler dan apabila dominan sekitar keadaan sosial akan menciptakan tipe cerebral.

Mac Auliffie menambahkan tentang penyelidikan tipe – tipe tersebut berkembang karena pengaruh sekitar. Tipe Degestif biasanya terdapat pada orang mewah, sedangkan Tipe respiratoris didapatkan di daerah pertanian dan pegunungan. Sedangkan tipe muskuler ( jasmani ) cenderung berada di daerah pelabuhan, pasar, dan pantai. Dan tipe cerebral berada di perkotaan.

1 Response

  1. goes man Said,

    gak ada keadaan alam prancis

    hehehehe

    Posted on July 25th, 2009 at 6:14 AM

Add A Comment